Kegiatan Penelitian Kolaboratif STT Pelita Kebenaran – Universitas Dhyana Pura Bali dan Pelatihan Metode Penelitian Kualitatif


 

Tugas pokok dosen bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga meliputi tugas penelitian. Oleh sebab itu kali ini sebagai tindak lanjut dari MoU yang pernah dibuat pada tahun 2019, STT Pelita Kebenaran dan Universitas Dhyana Pura Bali berkolaborasi untuk melakukan Dharma Penelitian.

A. Penelitian Kolaboratif STT Pelita Kebenaran – Universitas Dhyana Pura Bali

Di tengah pandemi Covid-19, Presiden Jokowi menginstruksikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk memberikan fokus pengembangan terhadap 5 Destinasi Wisata Super Prioritas di Indonesia, yaitu Borobudur, Likupang, Mandalika, Danau Toba, dan Labuan Bajo. Menyikapi program pemerintah tersebut maka STT Pelita Kebenaran bekerjasama dengan Universitas Dhyana Pura Bali menyelenggarakan penelitian bersama dengan memilih Danau Toba sebagai objek penelitian. Diharapkan hasil penelitian ini memberikan kontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung bagi tercapainya tujuan yang diharapkan oleh pemerintah. Adapun tema penelitian yang diusung adalah “Spiritualitas Masyarakat Lokal Sebagai Penunjang Kemajuan Wisata Danau Toba”.

Pelaksanaan

Kegiatan ini dilaksanakan di kawasan wisata Danau Toba selama empat hari yaitu pada tanggal 06-09 Juni 2022. Kegiatan ini melibatkan peneliti baik dari STT Pelita Kebenaran yang diwakilkan oleh Dr. Suardin Gaurifa, M.Th dan dari Undhira yaitu Dr. Dermawan Waruwu, M.Si dan Dr. I Wayan Ruspendi.

Pada hakekatnya, kerjasama di bidang penelitian ini diharapkan menemukan kebenaran ilmiah, jawaban dan penjelasan tentang fenomena apa yang terjadi di masyarakat Toba.

Selama berada di kawasan Danau Toba para peneliti berkesempatan bertemu langsung dengan para informan yaitu penduduk asli setempat. Berdasarkan temuan dari para peneliti, disimpulkan bahwa untuk peningkatan kunjungan wisatawan dan pemulihan ekonomi setempat harus didukung dengan infrastruktur yang memadai serta perhatian secara serius kepada masyarakat lokal dalam kegiatan UMKM guna terwujudnya keadilan sosial pada Destinasi Super Prioritas tersebut.

(Foto2 kegiatan penelitian di Danau Toba)

 

 

B. Pelatihan Penelitian Kualitatif

Untuk kesekian kalinya STT Pelita Kebenaran menyelenggarakan pelatihan untuk memperlengkapi seluruh dosen yang ada, khususnya bagi yang ditugaskan sebagai dosen pembimbing maupun dosen penguji. Oleh sebab itu kali ini STT Pelita Kebenaran melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat mengundang dua narasumber yang kompeten di bidangnya. Mereka adalah Dr. Dermawan Waruwu, (Dosen Tetap Universitas Dhyana Pura, Bali) dan Dr. I Wayan Ruspendi Junaedi, S.E., M.A. (Kepala Program Studi D3 Manjemen Pemasaran Universitas Dhyana Pura, Bali). Acara ini diselenggarakan pada hari Kamis, 09 Juni 2022 bertempat di STT Pelita Kebenaran.

Tujuan

Pelatihan ini dihadiri sekitar 30 dosen tetap yang ada di lingkungan STT Pelita Kebenaran. Tujuannya adalah untuk memperkaya model penelitian yang ada di lingkungan STT Pelita Kebenaran. Diharapkan kehadiran kedua narasumber tersebut dapat membantu para peneliti untuk memahami metodologi penelitian kualitatif.

(Foto2 Kegiatan Pelatihan)

 

Akreditasi

Ketua STT Pelita Kebenaran

Dr.Andrew P. Lumban Tobing, M.Hum

Barcode Pendaftaran STT Pelita Kebenaran